Rabu, 06 April 2011

Tata cara APEL PAGI versi militer

asalamualaikum ....
kali ini, saya akan menulis tentang bagaimana cara melaksanakan upacara apel pagi bagi sekolah - sekolah asrama yang berbau militer. kebetulan saya adalah siswa salah satu sekolah yang melakukan upacara ini, jadi saya lumayan mengetahui bagaimana urutan-urutannya.
dalam upacara apel pagi, orang-orang yang di butuhkan adalah :


1. Pembina
2. Tugas Piket
3. Pemimpin barisan
4. Peserta


setelah semua hal di atas sudah lengkap, baru upacara dapat di laksanakan.
berikut dialog dalam upacara apel pagi :
PIKET : "Persiapan apel pagi"
(Pemimpin barisan menyiapkan barisannya)
PIKET : (hormat kepada pembina) " lapor, (jumlah) siap apel pagi"
PEMBINA : "Pikaet ambil tempaT"
PIKET : "Piket ambil tempat"
PEMBINA : "Apel pagi mulai, laporan"
Pemimpin barisan : "LAPORAN, kepada pembina.... hormat... grak !!!!"
(Pemimpin barisan menghadap pembina)
Pemimpin barisan : "Lapor !!, (nama barisan) jumlah ....... hadir...... kurang... keterang"
PEMBINA : "laporan saya terima, kembali kesamping kanan barisan"
(Pemimpin barisan kembali kesamping kanan barisan"
PEMBINA : "DOA APEL PAGI"
(Piket membacakan doa)
(PEMBINA MENYAMPAIKAN AMANAT)
PEMBINA : "Apel pagi selesai, setelah ini dapat melanjutkan kegiatan selanjutnya"
(pembina balik kanan, dan di sambut oleh piket)
PIKET : "Apel pagi telah di laksanakan, laporan selesai"
PEMBINA : "Laporan saya terima, piket lanjutkan tugas"
(Pembina dan piket bubar, dan apel seleesai.............)

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ikutin blog ini lewat email anda...